Posted by : Nacoola generation
Selasa, 25 September 2012
Kedua pameran ini bertujuan, salah satunya, untuk membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Bagi pengusaha kecil dan menengah, pameran bisa berfungsi sebagai ajang persaingan untuk menjadikan usaha kecil dan menengah (UKM) yang unggul dalam menghasilkan produk yang bermutu.
UKM pun bisa menggunakan pameran sebagai wadah untuk membangun merek dagang sendiri sekaligus untuk mengasah kemampuan bersaing di pasar dalam negeri dan global nantinya.
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo, mengatakan, selain untuk memfasilitasi penjualan langsung antara UKM daerah dengan masyarakat setempat, pameran juga berpotensi mengembangkan sumber daya daerah yang belum diolah secara maksimal.
"Pemerintah juga senantiasa memotivasi daerah khususnya kalangan generasi muda agar membangkitkan kecintaan dan kebanggaannya terhadap produk dalam negeri melalui visualisasi peragaan produk-produk unggulan nasional yang berkualitas dunia," sebut Gunaryo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (20/5/2012) malam.
Selain diadakan di Semarang, pameran akan digelar di Makassar (6-9 Juni), Medan (28 Juni-1 Juli), dan Balikpapan (27-30 September). Peserta yang ikut serta dalam pameran di Semarang cukup beragam. Mulai dari Lampung, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Maluku.
Tidak hanya sekadar pameran, pada tanggal 20 Mei kemarin, kementerian pun mencanangkan Hari Kebangkitan Produk Nasional. Hal itu bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Nantinya, Kementerian Perdagangan akan memberikan apresiasi kepada pelaku UKM pangan melalui UKM Pangan Award yang akan diadakan di Jakarta, pada Oktober mendatang.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/05/21/06570063/Anak.Muda.Harus.Cinta.Produk.Dalam.Negeri