Posted by : Nacoola generation
Selasa, 25 September 2012
Indonesia
merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, negara kepulauan yang
menghubungkan dari Sabang sampai Merauke. Dari pulau–pulau tersebutlah
menghasilkan banyak sumber daya alam karena di setiap pulau berbeda akan
kekayaan sumber daya alamnya. Namun, penyebaran penduduk di Indonesia belum
merata khususnya di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua, penduduknya tidak
sepadat di Jawa. Program transmigrasi pun banyak dilakukan oleh pihak
pemerintah untuk masyarakatnya, guna untuk pemerataan penduduk.
Hasil
atau produk Indonesia pun sebenarnya kaya dan menghasilkan produk–produk yang
berkualitas. Tentu yang seharusnya produk Indonesia itu menjadi tuan rumahnya
di negeri sendiri. Namun, banyaknya monopoli dunia, produk luar negeri lebih memegang
peranan pasar sehingga menjadikan minat masyarakat cenderung ke produk luar
negeri.
Contohnya
saja produk kecantikan Indonesia “Bali Ratih” yang tentunya produk ini sangat
bagus untuk kulit Indonesia, serta ramuan–ramuan tradisional yang bahannya tidak
keras dan berbahaya. Namun, produk ini tidak semenarik seperti “The Body Shop”
produk luar negri yang berasal dari Inggris. Macam–macamnya pun sama, ada
parfum, bodymist, sabun, body butter, lotion dan lulur atau polish. Namun,
kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan The Body Shop karena
produknya lebih mendunia dan terjamin daripada Bali Ratih produk lokal.
Contoh
lain produk Indonesia yaitu “Sari Ayu”, “Mustika Ratu” dan “Viva” adalah produk
kecantikan asli Indonesia yang kandungan di dalamnya tidak berat untuk wajah
dan cocok untuk orang yang tinggal di wilayah tropis. Namun, kenyataannya
masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan produk luar seperti Revlon. Hal
ini bisa terjadi karena tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi pada produk
luar negeri yang sudah mendunia dibanding dengan produk lokal, padahal produk
lokal juga tidak kalah hebatnya dengan produk luar negeri.
Indonesia
mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar
negeri yang seharusnya bisa menjadi tuan rumah Indonesia yaitu kurangnya
kesadaran masyarakat tentang pemakaian produk local karena kebanyakan dari
masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk luar
daripada dalam. Serta gaya mewah yang terjadi apabila memakai produk luar. Yang
terjadi di Indonesia, apabila memakai produk luar itu berkesan elegan dan mewah
karena harganya yang cenderung lebih tinggi dan kualitas yang dijanjikan telah
bagus dan menyebar di seluruh dunia.
Kendala
lain yaitu bahan dasar pembuat produk masih jarang atau bahannya sedikit. Ini
juga bisa menimbulkan masyarakat lebih nyaman menggunakan produk luar karena
produknya lebih banyak di pasaran daripada produk lokal yang hanya terdapat di
gerai–gerai tertentu. Berbeda dengan produk luar yang beredar atau tersedia di
hampir semua gerai kecantikan.
Penyebab
Indonesia harus mengembangkan produk lokal agar memungkinkan menjadi tuan rumah
Indonesia yaitu Indonesia tergerak untuk ikut maju bersama dengan negara maju
lainnya. Seharusnya kita harus sebagai warga negara Indonesua harus bangkit dan
bangga dengan produk lokal yang berkualitas dan menjadi tuan rumah untuk
negerinya sendiri sehingga mempunyai rasa kecintaan tersendiri bagi Indonesia.
Selain itu, Indonesia juga memerlukan bantuan dari pemerintah untuk
mengembangkan usaha produk lokalnya agar bias menarik minat masyarakat dan
kesadaran cinta tanah air.
Kelebihan
yang ditawarkan oleh produk lokal antara lain yaitu harga lebih terjangkau
karena secara otomatis harga produk local lebih murah dan cocok untuk semua
kalangan, baik menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Produknya pun tidak
keras di kulit, aman untuk dipakai karena sesuai dengan iklim tropis. Kosmetik
yang dibuat Indonesia ringan dan baik karena kosmetik yang baik yaitu dampak atau
hasilnya tidak secepat prosesnya, jika hasilnya itu cepat dan instan biasanya
produk tersebut tidak baik karena produk yang baik membutuhkan waktu dan jeda
jaraknya agak lama karena tidak merusak generasi sel–sel kulit.
Keuntungan
dari produk negeri bagi masyarakat Indonesia yaitu menambah kecintaan
masyarakat terhadap tanah air Indonesia karena dengan membeli produk lokal atau
dalam negeri berarti sama saja dengan bangga memakai produk lokal dan mencintai
bangsanya sendiri. Selain itu Indonesia juga bertambah kaya dengan produknya
yang laris di pasaran dan dapat mensejahterakan pekerja Indonesia.
Oleh
karena itu, kita sebagai anak bangsa Indonesia seharusnya mampu mengembangkan
dan mengolah sumber daya alam menjadi lebih berguna untuk bangsa Indonesia agar
kita tidak selamanya dijajah oleh negara lain, baik secara langsung maupun
tidak. Karena pada kenyataannya negara Indonesia itu kaya akan aneka ragam
budaya dan sumber daya yang dapat menghasilkan produk local yang baik sehingga
masyarakat seharusnya bisa menggunakan yang seharusnya digunakan.
Jadi,
produk dalam negeri sangat memungkinkan untuk menjadi tuan rumah di negerinya
sendiri dengan mengadakan penyuluhan-penyuluhan dan meningkatkan kesadaran
masyarakat tentang cinta tanah air.