Posted by : Nacoola generation Senin, 01 Oktober 2012



Menurutnya, inefisiensi Jakarta sangat luar biasa karena kemacetan dan keruwetan tata kota

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mendukung penuh gagasan pemindahan Ibukota. "Jakarta sudah stagnan, ruwet, semrawut. Pindah saja Ibukota ke Kalimantan Tengah," ujar Marzuki di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 30 Juli 2010.

Pendapat Marzuki ini selaras dengan imbauan pimpinan Komisi II, Chairuman Harahap dan Ganjar Pranowo, yang menyarankan agar Ibukota negara dipindah ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ide pemindahan Ibukota ke Palangkaraya pun bukan barang baru, karena berpuluh tahun lalu, Bung Karno juga mengutarakan keinginan serupa.

"Kalimantan Tengah itu (secara geografis) berada di tengah Nusantara.
Dengan demikian, pembangunan bisa menyebar dari tengah ke timur, dan dari barat ke tengah," kata mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu.

Ia mengaku sudah lama mendukung ide pemindahan Ibukota dari Jakarta. "Biarkan saja Jakarta menjadi kota bisnis," tutur Marzuki. Menurutnya, inefisiensi Jakarta sangat luar biasa karena kemacetan dan keruwetan tata kotanya. "Waktu pun terbuang di jalan."

Marzuki memperkirakan, pemindahan Ibukota dapat dilakukan secara bertahap dan terencana dalam waktu lima tahun. Ia memahami bahwa hal ini merupakan domain pemerintahan. "Tapi DPR akan terus mendorong wacana ini."

Namun pemerintah belum menyambut gagasan ini dengan baik. Kemarin, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan tak setuju pemindahan Ibukota. Gamawan menawarkan, Jakarta saja yang dibenahi.

http://politik.news.viva.co.id/news/read/167926-ketua-dpr-dukung-ibukota-pindah-ke-kalimantan




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Asmaul Husna

Calendar Hijri

Blog archive

Popular Post

Buscar

- Copyright © Ganesha 50 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -